Jam Kerja
Senin - Sabtu, 07:00 - 15:30 WIB
Telepon
085247930634
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP

7 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

Jasa pengiriman barang di Indonesia tumbuh subur seiring meningkatnya konsumsi belanja online. Situasi ini tentu mendukung ekosistem bisnis online di Indonesia, dengan situasi ini baik penjual dan pembeli sama-sama diuntungkan.

Layanan pengiriman barang memang menjadi salah satu kunci sukses dari bisnis online. Namun, tidak jarang reputasi sebuah perusahaan dinilai dari kualitas layanan pengiriman yang digunakan. Oleh sebab itu, para pemilik bisnis online perlu makin selektif saat memilih jasa pengiriman barang yang sesuai untuk menjadi partner bisnis mereka.

Ada tujuh hal yang bisa dipertimbangkan dalam memilih jasa pengiriman barang untuk bisnis online Anda. Apa saja?

1. Memiliki Reputasi yang Terpercaya

Pilih layanan jasa pengiriman barang yang sudah mengerti dengan industri dari bisnis yang Anda kelola. Sebagai contoh, jika produk yang Anda jual adalah makanan beku, maka pilihlah provider logistik yang berpengalaman di jasa antar makanan.

Begitu pula jika produk Anda berupa barang pecah belah, maka pastikan provider logistik yang dipilih sudah memiliki reputasi baik di bidangnya.

2. Pilih yang On Time dan Online

Waktu pengiriman juga menjadi hal yang utama saat memilih jasa pengiriman. Beberapa jasa pengiriman barang sudah memiliki ketentuan waktu dari setiap jenis layanan yang bisa dipilih langsung oleh pelanggan. Hal tersebut bisa menjadi jaminan waktu kirim bagi pelanggan Anda.

Selain itu, memilih jasa pengiriman yang mempunyai sistem tracking secara online juga bisa memberikan rasa tenang ke pelanggan. Mereka bisa melakukan pengecekan sendiri terhadap barang yang sudah dipesan tanpa perlu terus bertanya kepada Anda.

3. Ada Jaminan Asuransi Barang

Memiliki fasilitas asuransi terhadap barang yang dikirim sangat berguna bagi pemilik bisnis, terutama untuk pengiriman barang yang bernilai tinggi.

Dengan begitu, baik penjual dan pembeli bisa merasa tenang saat barang sedang dalam perjalanan. Seperti jasa pengiriman barang GoSend yang secara otomatis memberikan asuransi kepada pelanggannya.

Selain itu, pelanggan yang mengeluarkan biaya premi sebesar Rp500 dalam satu kali pengiriman bisa mendapat perlindungan yang lebih maksimal berupa nilai pertanggungan yang mencapai Rp10 Juta.

4. Tarif yang Transparan

Pelanggan membutuhkan tarif pengiriman barang yang jelas secara perhitungan jarak dan volume barang. Di sisi lain, pelanggan juga bisa memiliki akses seperti cek tarif pengiriman dari provider logistik yang dipilih. Dengan begitu, Anda bisa melakukan kesepakatan terhadap biaya pengiriman secara rinci dari setiap barang yang dipesan.

5. Jenis Pengiriman Barang yang Beragam

Setiap pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang memilih tarif yang paling murah, ada yang membutuhkan pengiriman langsung, lalu ada pula yang perlu mengirim barang dengan ukuran besar.

Memiliki provider logistik dengan berbagai layanan jasa pengiriman barang tentu sangat memudahkan bisnis Anda, seperti GoSend yang memiliki jenis pengiriman langsung/instan dan tidak langsung, yang mana bisa disesuaikan baik dengan usaha Anda maupun preferensi pelanggan.

6. Memiliki Layanan Jemput Barang

Jenis layanan ini sangat memudahkan bagi Anda yang perlu mengirim barang dari rumah atau sedang tidak bisa meninggalkan tempat usaha. Anda bisa menghemat banyak waktu dan melakukan proses pengiriman dengan lebih efisien.

7. Daya Jangkau yang Luas

Jasa logistik dengan rute pengiriman yang lengkap tentu menarik untuk dipilih. Anda juga bisa membuka peluang untuk mendapatkan pelanggan baru dari luar daerah. Saat ini, GoSend bekerjasama dengan Paxel sudah bisa melayani pengiriman barang ke luar kota. Anda bisa langsung mencobanya dari aplikasi Gojek sekarang.

Dengan mempertimbangkan ketujuh hal di atas, diharapkan Anda semakin yakin untuk memilih siapa jasa pengiriman barang yang terpercaya dan bisa mendukung bisnis Anda. Tentu saja, hal ini demi meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap mutu pelayanan dari bisnis online Anda.

sumber: “https://pojokusaha.com/id/artikel/acara/tips-memilih-jasa-pengiriman-barang-untuk-bisnis-online”